12 Marketing Strategies for Hotel Bagian 1

Apakah Anda memulai dari awal, meluncurkan kembali bisnis Anda dengan identitas merek baru atau ingin mengoptimalkan strategi pemasaran hotel Anda untuk mendapatkan lebih banyak pemesanan, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan ketika menyangkut strategi pemasaran hotel. Dalam artikel ini Anda menemukan 12 strategi pemasaran penting untuk dipertimbangkan untuk hotel Anda.

1. Miliki Situs Web yang Hebat

Situs web inti dari setiap strategi pemasaran online yang terencana. Apapun kiat pemasaran hotel yang telah mengarahkan pelanggan potensial ke situs web Anda. Situs web adalah tempat di mana orang-orang dapat mempelajari lebih lanjut tentang hotel yang anda pasarkan dan memutuskan apakah akan memesan atau tidak menginap dengan Anda. Ini juga satu-satunya saluran distribusi online tempat Anda dapat menghasilkan penjualan online langsung tanpa potongan, sehingga sangat penting Website Anda bisa melayani booking langsung secara mandiri. Semakin banyak pengguna internet yang hanya mengandalkan smartphone dan tablet mereka, situs web yang ramah mobile sangat dibutuhkan akhir-akhir ini.

2. Lakukan SEO pada Situs Web Bersamaan dengan Beriklan di Mesin Pencari

Sangat disayangkan bila memiliki situs web tetapi sulit bagi calon pelanggan untuk menemukannya melalui mesin pencari pilihan mereka. Pastikan Anda mengikuti SEO (Search Engine Optimization) dasar-dasar pemasaran online seperti memastikan konten Anda kaya dan relevan, dengan kata kunci yang kuat dan kombinasi kata kunci yang memberikan situs web Anda peluang terbaik untuk di-klik. Pertimbangkan kemungkinan istilah pencarian saat merencanakan kampanye pemasaran SEO hotel Anda dan jangan lupa untuk menggabungkan kata kunci utama Anda dengan kata kunci sekunder yang kuat seperti nama lingkungan atau distrik lokal Anda. Dan untuk hasil yang lebih cepat, beriklan secara teratur dan terencana di mesin-mesin pencari maupun media sosial seperti Google, Bing, Facebook, dll.

3. Bedakan Hotel Anda dari yang Lain

Untuk benar-benar bersaing di dalam persaingan, hotel Anda perlu menawarkan sesuatu yang unik dan jelas berbeda untuk memikat tamu potensial. Kampanye pemasaran hotel Anda harus bersinergi dengan setiap unit/ divisi di hotel. Layanan pelanggan yang berkualitas perlu menjadi inti dari segalanya di industri perhotelan. Melakukan lebih untuk tamu Anda dapat menghasilkan kepuasan pelanggan yang maksimal. Pastikan Anda melakukan sesuatu yang berbeda, mulai dari memberi pelanggan sedikit camilan saat check-in, hingga menangkap pers lokal dan koneksi PR untuk menyoroti acara-acara sehubungan pemasaran hotel.

4. Jangan Hanya Memasarkan Hotel, Pasarkan Lokasi

Banyak calon pelanggan masih bimbang apakah kota di mana hotel Anda berada adalah tempat di mana mereka ingin menghabiskan waktu liburan. Inilah sebabnya mengapa Anda tidak harus hanya berfokus pada fasilitas yang ditawarkan hotel Anda. Selain pandai dalam mempromosikan layanan kamar prima dan kolam renang Anda, sama pentingnya untuk mempromosikan lokasi Anda. Apa yang membuat kota Anda menjadi tempat yang diinginkan untuk dikunjungi? Calon pelanggan ingin mengetahui hal ini.

5. Memberikan Layanan Pelanggan Menyeluruh Sebelum, Selama dan Sesudah Kunjungan

Pemasaran dan layanan pelanggan berjalan seiring, terutama di industri perhotelan. Jika Anda memberikan layanan menyeluruh (sebelum, selama dan sesudah kunjungan) untuk pelanggan Anda, maka mereka lebih mungkin memberikan penilaian positif dan melakukan hal yang sama dalam hal ulasan online rujukan, dan kunjungan kembali. Selalu pastikan staf Anda dipekerjakan dan dilatih dengan mentalitas yang mengutamakan pelanggan. Misalnya, pengunjung hotel Anda kesal dengan pemandangan dari kamar mereka dan tidak ada kamar terbuka lain yang tersedia. Cobalah untuk mencari tahu apakah Anda dapat memindahkan mereka selama sisa masa tinggal mereka nanti, dan untuk mengimbangi masalah tersebut, berikan complimentary dan catatan tulisan tangan yang meminta maaf atas ketidaknyamanan ini. Jenis layanan-layanan seperti ini dapat membuat dampak positif yang bertahan sangat lama dan menunjukkan kepada pelanggan bagaimana Anda menghargai mereka.

Lanjutkan ke 12 Marketing Strategies for Hotel Bagian 2