Website versus Marketplace: Pilihan atau Sinergi? Sebuah tema
yang sangat menarik untuk dibahas. Bagi sebagian kecil pelaku bisnis online,
pertanyaan ini sangat mudah dijawab, mereka akan menjawab sinergi dari keduanya
merupakan kendaraan mencapai sukses berbisnis daring. Tetapi apakah demikian?
Fakta di lapangan dapat dilihat langsung, dari sekian banyak penjual di sebuah Marketplace, dengan aneka produk dan varian, bahkan dilengkapi dengan rating yang hampir mentok, berbagai ulasan positif pelanggan, tetapi tidak memiliki website untuk usahanya.
Di sisi yang lain, kita sering menjumpai pebisnis online
dengan berbagai produk berupa barang dan jasanya, selain memiliki website
khusus bisnisnya, mereka juga menawarkannya di Marketplace. Sebuah pemikiran
yang sangat maju dan lebih menjanjikan untuk berhasil.
Tetapi apakah dengan ada keduanya bisnis online yang
dibangun ini pasti berhasil? Banyak faktor yang menentukan sebuah bisnis online
untuk dapat memetik hasil maksimal. Berbagai artikel sudah banyak membahas
mengenai tips-tips bisnis online yang sukses, silahkan browsing dengan kata
kunci “bisnis online sukses” atau yang sejenisnya, maka ada ratusan artikel
yang menarik untuk dipelajari.
Pertanyaan sesungguhnya adalah bagaimana mensinergikan keduanya. Kita semua tahu bahwa keduanya penting tetapi seringkali pebisnis online melupakan kata kunci ini yaitu, sinergi.
Di artikel ini saya berfokus pada tema yang kemudian
saya kembangkan berdasar ilmu dan pengalaman yang saya himpun selama ini.
Secara singkat saya jabarkan hal-hal apa yang dapat menjadikan keduanya
bersinergi, yaitu sebagai berikut:
Tidak ada kesalahan dalam penulisan di Website maupun Marketplace
Sebuah kesalahan yang sangat mendasar adalah pebisnis online
melakukan kesalahan-kesalahan dalam penulisan. Bila ingin dianggap serius dan
profesional hindari typo dan gunakan Bahasa yang tepat. Beri nama produk yang
tepat dan menarik, penggunaan huruf besar dan tanda-tanda baca yang tepat. Kita
masih dengan sangat mudah menemukan kesalahan-kesalahan ini di Marketplace.
Isi dari Website dan Marketplace tidak bertentangan
Pelaku bisnis online harus melihat keduanya secara paralel.
Pebisnis harus memastikan pada keduanya tertera informasi produk yang sama.
Tidak ada kesalahan typo penulisan produk dan ulasan maupun perbedaan harga.
Poin ini sederhana tetapi sangat fatal bila terjadi
kesalahan, di dalamnya juga termasuk penggunaan image dan template yang
sama. Kegunaan utamanya selain Branding, juga memudahkan pelanggan dalam
memilih produk dan varian yang pada akhirnya menimbulkan loyalitas pelanggan.
Website memberikan kejutan, Marketplace menjamin kemudahan
Arti dari sinergi (Synergy) menurut Cambridge English Dictionary, the
interaction or cooperation of two or more organizations, substances, or other
agents to produce a combined effect greater than the sum of their separate
effects. Penekanan pada frase interaction
or cooperation, Website adalah media yang dipilih untuk memberikan kejutan
seperti pemotongan harga khusus produk baru (product launching promo) atau
bonus free products untuk pembelian tertentu, dan seterusnya.
Sedangkan Marketplace sudah menjadi bagian pengelola
eCommerce untuk memberikan kemudahan-kemudahan bagi pelanggan seperti,
kemudahan untuk ditemui, kemudahan metode pembayaran atau cicilan dan lain
sebagainya.
Keduanya harus dipertahankan keragaman fungsinya tanpa
keluar dari syarat pertama di atas yaitu, isi keduanya tidak bertentangan.
Website untuk
Branding, Marketplace tempat Massed Selling
Mengambil contoh dari perusahaan-perusahaan besar, walaupun
agak absurd tetapi berlaku sejak awal
era industrialisasi sampai sekarang. Perusahaan-perusahaan besar seperti Apple,
Intel, Hewlett Packard dan lainnya memilih Silicon Valley, yang merupakan lokasi
dimana brand-brand global di bidang teknologi berkantor pusat. Ini merupakan
branding yang sangat mahal tetapi bernilai berkali lipat.
Padahal kita tahu dimana perusahaan-perusahaan besar itu
melakukan penjualan-penjualannya, dari ITC Roxy Mas, mal Ambassador, Pasaraya
Komputer di Jogja sampai marketplace-marketplace online seperti bli***, sho***, dan lain sebagainya.
Begitupun website, sebagai kantor pusat, melakukan berbagai
upaya untuk branding melalui SEO, promo, iklan, dan lain lain, lalu Marketplace
adalah tempat penjualan-penjualan terbesarnya terjadi.
Masih banyak yang bisa ditambahkan untuk melengkapi
poin-poin di atas, selain didukung oleh Hosting Indonesia yang handal, keempat hal di atas dapat menjadi acuan utama
bagaimana menjadikan keduanya bersinergi dan tidak tumpang tindih.
Satu tips tambahan dari saya, untuk pebisnis yang memiliki pengetahuan terbatas dalam memasarkan produknya via online, misalnya hanya mampu memanfaatkan Marketplace tetapi tidak dapat membangun website. Sebuah quote dari seorang CEO sebuah startup, Lauris Liberts,
Don’t wait for the right moment to start a business. It never arrives. Start whenever. Now.
Jangan takut untuk memulai, mulailah sekarang juga, tetapi jangan berhenti untuk belajar. Salam Entrepreneur.


