Pemasaran Pariwisata - Feed Interaksi

Dalam membangun Sosial Media Usaha Perjalanan Wisata sebagai sarana promosi, admin media sosial janganlah 'melulu' mem-post produk-produk atau jasa-jasa yang 'dijual' perusahaan. 


Lihatlah beberapa akun media sosial dari perusahaan-perusahaan yang sudah cukup maju, mereka ingin membangun komunikasi dengan para customer atau calon customernya. Karena bila komunikasi sudah terjalin baik, 'jualan' pun akan lebih maksimal.


Ada beberapa jenis 'postingan' yang dapat dibuat oleh admin, selain daripada 'jualan' secara langsung. Secara garis besar jenis-jenis postingan di akun media sosial sebuah usaha terdiri dari:

  1. Promosi
  2. Branding
  3. Info
  4. Edukasi
  5. Interaksi

Empat pertama di atas bagi sebagian besar sudah tidak asing, tetapi jenis kelima, Interaksi, seringkali dilupakan. Feed Interaksi adalah feed yang membangun interaksi dengan para follower, pelanggan atau calon pelanggan. 

Beberapa contoh feed Interaksi adalah sebagai berikut:


Dari kedua gambar di atas, follower yang membuka akan diajak berinteraksi dengan memilih dari kedua pilihan yang ditawarkan atau memilih lain dan memberi komentar yang biasanya lucu-lucu, tetapi yang terpenting admin berhasil membangun interaksi.


Tugas hari ini adalah membuat feed seperti di atas menggunakan Canva, dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Temanya Pariwisata, format gambar yang disimpan lalu dikirim adalah jpg;
  • Buat Caption yang menarik dan relevan dengan tema dan gambar;
  • Beri Hashtag yang relevan dengan tema dan gambar;
  • Post di Instagram masing-masing, lalu mention @dendyopit @oorawalumbu dan @wisedencellular.

0 Comments