Memasukkan kalimat yang menarik ke dalam media sosial, atau flyer yang panjangnya sangat terbatas? Sekilas mungkin mudah, tetapi bila dikaitkan dengan tujuannya untuk mendapatkan Engagement, bukan perkara mudah.
Ada beberapa formula untuk membuat copywriting yang baik bagi konten Anda. Formula copywriting ini bekerja di setiap media, baik daring maupun offline.
Disini kita bahas 3 di antaranya yang cukup mudah dipelajari dan dipraktekkan.
I. Before - After - Bridge (BAB)
- Before/ Sebelum (Menyampaikan keadaan sebelum menggunakan jasa/ membeli produk);
- After/ Sesudah (Tambahkan dengan keadaan setelah menggunakan jasa/ membeli produk);
- Bridge/ Caranya (Ditutup dengan cara mendapatkan yang ditawarkan).
Contoh I, bila Anda ingin menawarkan jasa Admin Sosial Media perusahaan dan mengarahkan calon konsumen ke website Anda (bit.ly/tipsofden), berikut contoh dan penjelasannya:
Membangun akun media sosial membutuhkan waktu lama dan SDM yang khusus, bagaimana bila semua selesai dalam 1 Hari dan harga yang sangat terjangkau? Hubungi kami sekarang, bit.ly/tipsofden.
Penjelasannya:
"Membangun akun media sosial membutuhkan waktu lama dan SDM yang khusus,..." ini adalah bagian Before.
"... bagaimana bila semua selesai dalam 1 Hari dan harga yang sangat terjangkau?.." bagian ini adalah After,
"...Hubungi kami sekarang, bit.ly/OOrawalumbu." dan ini adalah Bridge (jembatan yang menghubunginya.
II. Problem - Agitate - Solve (PAS)
- Problem/ Masalah (Menyampaikan masalah)
- Agitate/ Memberatkan masalah (Menyampaikan masalah yang lebih besar)
- Solve/ Cara penyelesaian (Menutup dengan menyampaikan solusi, biasanya dengan memberikan cara menghubungi yang menawarkan produk/ jasa.
Tidak mampu merekrut SDM Marketing Digital yang sangat mahal, berakibat semakin tersisih di persaingan usaha. Mau menerapkan Digital Marketing dengan efektif dan sangat terjangkau? Hubungi DM Spesialist! bit.ly/tipsofden.
Penjelasannya:
"... berakibat semakin tersisih di persaingan usaha. ..." Ini adalah bagian Agitate.
"... Mau menerapkan Digital Marketing dengan efektif dan sangat terjangkau? Hubungi DM Spesialist! bit.ly/tipsofden." Di bagian akhir adalah Solve, yaotu menawarkan pemecahan masalah.
III. Features – Advantages – Benefits (FAB)
- Features/ Fitur – (Apa yang Anda atau Produk/Jasa Anda bisa berikan)
- Advantages/ Keuntungan – (Mengapa Features ini bermanfaat)
- Benefits/ Manfaat – (Apa artinya bagi calon konsumen yang melihat iklan).
Contoh III, bila Anda ingin menawarkan produk Bantal dan mengarahkan calon konsumen ke toko penjual (Toko Karunia), berikut contoh dan penjelasannya:::
Dengan Bantal dan Guling Dendy Pillow, tidur lebih nyenyak dan setiap bangun pagi selalu segar bersemangat, menjadikan Anda selalu tampil 100% di pekerjaan dan usaha, dapatkan di Toko Karunia.
Penjelasan:
"Dengan Bantal dan Guling Dendy Pillow, tidur lebih nyenyak ..." adalah produk Anda dan Feature.
"... dan setiap bangun pagi selalu segar bersemangat, ..." adalah bagian Advantages.
"... menjadikan Anda selalu tampil 100% di pekerjaan dan usaha, dapatkan di Toko Karunia adalah Benefits yang didapat dari produk/ jasa Anda.
2 Comments
Keren banget sir
ReplyDeleteKERENNNNN
ReplyDelete