Microsoft Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja yang tergabung di dalam Microsoft Office, yang dibuat oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows. Manfaat dari Microsoft Excel adalah:- Untuk menghitung kumpulan data dalam berbagai operasi, seperti perkalian, pembagian, pengurangan, dan penjumlahan;
- Pembuatan daftar laporan keuangan;
- Untuk mencari nilai dari kumpulan data, misalnya nilai terendah atau terkecil, tertinggi, tengah, dan rata-rata;
- Pembuatan daftar nilai.
Intisari dalam manfaat Microsoft Excel adalah mempermudah dalam proses penghitungan atau pendataan dengan jumlah komponen atau data yang sangat besar. Untuk semua itu, Excel menyediakan Formula-formula yang sangat berguna bagi user.
Setelah mencoba beberapa formula siswa diperkenalkan dengan 2 macam Referensi (Reverence) sebagai salah satu dasar utama penyusunan Formula.
Relative Reference
Absolut Reference
Kombinasi
Soal Latihan
- Formula menghitung Lembur
- Bila Perusahaan mempunyai kebijakan yaitu memberi Subsidi sebesar Rp.1.500.000 bagi karyawan yang mendapat Gaji kurang dari Rp.5.000.000, Bagaimana formulanya?
- Pajak adalah potongan yang dikenakan pada setiap karyawan, ketentuannya ada di Tabel 1.
- Total Gaji adalah hasil penjumlahan dari Gaji Pokok, Lembur dan Subsidi lalu dikurangkan pajak.
- Berapa Total Pengeluaran Perusahaan untuk Gaji Karyawan? Formulanya.
- Formula untuk mengisi kolom Bonus.
- Bagaimana mencari Nama Karyawan dengan Total Gaji Terendah?

0 Comments