Pameran Properti Unggulan Jawa Barat


Tipsofden Corp. akan menyelenggarakan event di Bekasi dalam rangka memperkaya diri dengan cara yang legal dan positif. Adapun rencana dan asumsi dari event tersebut adalah, Pameran Properti Unggulan Jawa Barat. selama 7 Hari di Mal Sumirecon (Indoor dan Outsoor) pada tanggal 1 Maret - 7 Maret 2026.

Syarat menjadi Tenan adalah membayar sewa booth sebesar: Rp 20.000.000, untuk 10 Tenant Gold dan Rp 12.000.000 untuk 35 Tenant Silver. Para tenan akan mendapatkan:

  • Booth Tenan Gold di Luas area per tenan 2x4 Meter Persegi; dan Booth Tenan Silver dengan ukuran 2x2 Meter Persegi.
  • Aliran Listrik standar, Meja dan 2 Kursi.
Penyelenggara selain menarik uang pendaftaran dari masing-masing, juga mengumpulkan dana dari sponsor. Ketentuan mengenai Sponsor adalah sebagai berikut:
  • Sponsor Utama (Nama Perusahaan dicantumkan dalam nama acara, Contoh: Pameran Properti Unggulan Bersama KPR BTN), di backdrop, seluruh spanduk-spanduk acara, promosi di sosial media dan mendapat stand utama untuk promosi. Dana yang diajukan minimal Rp 100.000.000;
  • Sponsor Sekunder (Nama Dicantumkan pada Spanduk). Dana yang diajukan Rp 25.000.000; jumlah maksimal 10 Sponsor;
  • Sponsor UMKM (Khusus peserta pameran, Nama usaha akan dicantumkan pada promosi acara di sosial media). Dana yang diajukan Rp 5.000.000 per Sponsor; Jumlah maksimal 50 Sponsor;
  • Menjual Merchandise Acara (Paperbag) dengan margin keuntungan Rp.5.000,-/ Buah, Kaus dengan margin keuntungan Rp.10.000,-/ Kaus, Mug dengan margin keuntungan Rp.8.000,-/ Mug, Jaket dengan margin keuntungan Rp.15.000,-/ Jaket. Peserta pameran wajib memesan dari panitia Pameran Produk-produk di atas.

Adapun beberapa pengeluaran untuk pengadaan acara adalah sebagai berikut:
  • Sewa area lobby dan seluruh lantai dasar mal (Indoor dan Outdoor) : Rp 350.000.000;
  • Sewa Booth Standar untuk Tenan: Rp 750.000 sebanyak 35 Set (Untuk Tenant Silver);
  • Cetak Spanduk dan Backdrop: 100 Spanduk @Rp 80.000 dan 4 Backdrop Rp 400.000;
  • Pajak Reklame untuk Spanduk Rp 5.000.000
  • Pemasangan Iklan di Sosial Media Rp 15.000.000;
  • Konsumsi dan transport 11 Orang Panitia Lapangan @Rp 250.000 per Hari (7 Hari Acara).
Penyelenggara menyebar formulir sebagai pendaftaran awal, baik ke instansi-instansi, kelurahan-kelurahan, usaha kuliner, maupun sosial media dan iklan-iklan yang disebar. Formulir harus mencangkup beberapa isian yaitu:
  • Nama;
  • Nama Usaha;
  • Alamat;
  • Jenis Properti;
  • Mendaftar sebagai Tenant Apa (Gold atau Silver) 
  • Nomor WhatsApp;
  • Akun Instagram;
  • Tambahan Pernyataan Kesediaan Untuk Membayar Uang Pendaftaran paling lama 3 Bulan Sebelum Acara.
Contoh Google Forms >> https://forms.gle/vBNeVtSvBWxF3eJ6A

Tugas 1

Buatkan Undangan lengkap dengan QR dan shortlink tertera. QR dan Shortlink akan mengarah ke Formulir isian calon peserta. Ukuran atau dimensi undangan adalah sebesar Cerita Instagram. Gunakan Image yang sesuai dengan acara.


Tugas 2

Membuat hitungan Pemasukan dan Pengeluaran serta Keuntungan dengan asumsi: 
  • Jumlah peserta tersewa semua;
  • Seluruh sponsor terpenuhi; 
  • Terjual merchandise 25.000 Paperbag, 3.000 Kaus, 2.500 Mug, 450 Jaket;
  • Biaya tak terduga sebesar Rp 20.000.000,-;
  • Sewa Sound System sebanyak 3 Set, harga per Set Rp 8.000.000,- ;
  • Sewa Alat Komunikasi (HT) Rp 250.000,- sebanyak 12 Buah.
  • Sewa 7 Artis/ Group Band dengan harga Rp 7.500.000,- per artis/ Group band
Contoh:






0 Comments