SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization (Pengoptimalan Mesin Telusur/ Pencari), yaitu serangkaian strategi dan teknik untuk meningkatkan visibilitas sebuah website di hasil pencarian mesin pencari seperti Google, Bing dan lain-lain.
Tujuannya adalah membuat website lebih mudah ditemukan oleh pengguna melalui pencarian organik dan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di hasil pencarian.
Untuk meningkatkan SEO, fokuslah pada pembuatan konten berkualitas tinggi dan relevan yang memenuhi maksud pencarian pengguna dan optimalkan kata kunci dengan baik. Selain itu, tingkatkan pengalaman pengguna dengan situs web yang ramah seluler dan cepat dimuat, serta bangun tautan balik dari situs eksternal yang bereputasi baik.
Optimasi konten
Optimasi konten bertujuan untuk menaruh kata-kata kunci/ keyword terserap pada artikel dan sekaligus menjadikan artikel berkualitas. Beberapa poin yang perlu diperhatikan:
- Penuhi tujuan pengguna: Buat konten yang langsung menjawab pertanyaan pengguna dan memberikan nilai. Misalnya, jika seseorang mencari "cara membuat kue", berikan resep kue yang mudah diikuti.
- Penggunaan kata kunci yang strategis: Integrasikan kata kunci (Termasuk Long-Tail Keyword) secara alami ke dalam konten Anda, termasuk judul, heading, dan isi. Hindari keyword stuffing, yaitu pengulangan kata kunci yang berlebihan.
- Buat konten berkualitas tinggi: Lakukan lebih dari sekadar dasar-dasar dengan membuat konten yang menunjukkan pengalaman dan keahlian.
- Susun konten yang terstruktur: Gunakan struktur judul yang jelas [H1], [H2], [H3] dan kata atau kalimat transisi agar konten lebih mudah dibaca dan dipahami;
- Optimalkan gambar: Gunakan teks alt deskriptif untuk semua gambar dan kompres untuk meningkatkan kecepatan pemuatan halaman. Menggunakan format gambar modern seperti WEBP yang irit ukuran file juga dapat membantu.
Optimasi On-page
Selain konten berkualitas dengan keyword-keyword yang terkandung di dalamnya, optimasi on-page juga berpengaruh pada optimalisasi website, beberapa hal yang bisa dilakukan:
- Pastikan ramah seluler: Website harus responsif (Memiliki tampilan khusus untuk setiap perangkat yang digunakan membuka) dan berfungsi dengan baik di semua perangkat, bukan hanya desktop;
- Tingkatkan kecepatan halaman: Optimalkan situs web Anda agar dimuat dengan cepat. Anda dapat menggunakan alat untuk memeriksa kecepatan situs web dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan, contohnya adalah pemilihan hosting dan paket yang tepat;
- Gunakan URL deskriptif: Buat URL yang jelas dan deskriptif, seperti "bahanbangunan.com", bukan "tokojayakokoh.com";
- Tambahkan tag meta: Gunakan deskripsi meta dan tag judul untuk mempengaruhi tampilan halaman Anda di hasil penelusuran;
- Daftarkan website dan peta situs sitemap pada Google Search dan Bing;
- Buat Tautan internal: Tautkan ke halaman lain yang relevan di situs web Anda untuk mengarahkan pengguna ke konten lainnya.
Selalu itu, ikuti perkembangan, karena SEO tidak pernah statis, selalu berkembang dan selalu ada tips atau kiat-kiat terbaru yang bisa dilakukan.
Optimasi off-page dan tips lainnya
Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk optimasi off-page, termasuk melibatkan sosial media dengan tepat. Beberapa di antaranya yang dapat dilakukan adalah:
- Bangun backlink: Dapatkan tautan dari situs web terkemuka lainnya. Ini merupakan sinyal kuat otoritas situs Anda, contoh menulis artikel di media massa online seperti kompasiana, dll;
- Kelola kehadiran online Anda: Pastikan informasi bisnis Anda akurat dan konsisten di seluruh web, termasuk lokasi Anda jika Anda memiliki toko fisik. Pastikan bisnis Anda tercantum di Google Maps, dan taruh foto-foto dengan kontak tertera baik di gambar maupun di caption;
- Buat akun sosial media dan menaruh url website Anda sebagai website utama, contoh pada Instagram taruh url Anda pada Link di Bio atau sertakan url pada cerita Instagram, lakukan juga pada Twitter (X), Tiktok, Youtube dan Facebook Page;
- Gunakan media sosial sekunder untuk menaruh link maupun post, Media sosial seperti Pinterest, Slideshare, Dailymotion, dll.
- Post di sosial media (Facebook Page) setiap postingan Anda di Website, taruh link postingan website untuk melihat selengkapnya, share di group-group Facebook yang relevan;
- Gunakan PING, untuk memberitahu mesin pencari seperti Google bahwa situs web atau konten baru sudah di-update atau dipublikasikan, agar segera di-crawl dan diindeks lebih cepat dan fresh;
- Bangun Backlink dari dummy blogs (Blogspot dan Wordpress blogs) yang terstruktur piramida;
- Lakukan aktivitas sebagai akun sosial media yang dibuat untuk berkomentar di postingan akun-akun lain yang relevan, lakukan secara periodik;
- Log in di sosial media (Instagram dan Facebook) sebagai akun pribadi dan mention akun sosial media yang sudah dibuat, lakukan secara periodik.
- Lakukan Blog Walking dan meninggalkan link di kolom-kolom komentar.
0 Comments