Menggunakan Google Sheets Untuk Laporan Keuangan



Xb Pemasaran 2022-2023

Google Sheets adalah program spreadsheet yang disertakan sebagai bagian dari suite Editor Google Documents berbasis web gratis yang ditawarkan oleh Google. 

Sebagai program Spreadsheet, Google Sheets ini memiliki banyak kemiripan dengan program Spreadsheet yang sudah lama dipakai sejak 1990-an, yaitu Microsoft Excel.

Sheets dan Excel adalah dua program spreadsheet yang sangat berguna dalam bisnis dan kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa kelebihan Sheets yang membedakannya dari Excel:

Aksesibilitas: 

Sheets adalah program yang berbasis cloud, yang berarti Anda dapat mengaksesnya dari mana saja dengan koneksi internet. Di sisi lain, Excel adalah program desktop, yang berarti Anda perlu menginstalnya pada komputer Anda untuk menggunakannya.

Kolaborasi: 

Sheets memungkinkan banyak pengguna untuk mengedit spreadsheet secara bersamaan dalam waktu yang sama. Excel memiliki fitur kolaborasi juga, tetapi fitur kolaborasi Sheets lebih mudah dan intuitif untuk digunakan.

Integrasi: 

Sheets dapat dengan mudah diintegrasikan dengan produk Google lainnya seperti Google Docs dan Google Drive. Excel dapat diintegrasikan dengan program Microsoft Office lainnya seperti Word dan PowerPoint, tetapi integrasi dengan produk non-Microsoft mungkin tidak sebaik integrasi dengan produk Microsoft.

Harga: 

Sheets gratis untuk digunakan, sementara Excel memerlukan biaya lisensi.

Pembaruan otomatis: 

Sheets diperbarui secara otomatis oleh Google, sehingga Anda selalu memiliki versi terbaru. Excel memerlukan pembaruan manual oleh pengguna.

Pembuatan grafik: 

Sheets memiliki antarmuka grafik yang lebih modern dan intuitif, dengan pilihan grafik yang lebih banyak. Excel juga memiliki antarmuka grafik yang baik, tetapi pilihan grafik Sheets lebih banyak.

Fungsi dan rumus: 

Sheets dan Excel keduanya memiliki fungsi dan rumus yang serupa, tetapi Sheets memiliki beberapa fungsi yang lebih canggih dan kuat dalam mengelola data.

Meskipun demikian, Excel tetap merupakan program spreadsheet yang sangat berguna dan sering digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Namun, Sheets dapat menjadi alternatif yang lebih baik dalam beberapa hal, terutama jika Anda ingin kolaborasi dengan banyak orang dan membutuhkan aksesibilitas yang lebih baik.

Kita akan mempelajari bagaimana memanfaatkan Google Sheets sebagai media Pembukuan dan Laporan Usaha dengan contoh berikut ini:


Setelah menyalin lembar kerja di atas, buat Tab-tab Baru dan beri nama: 
Tab kedua: "ABSENSI"; Tab ketiga: "GAJI"; Tab keempat: "BAHAN BAKU"; Tab kelima:  "PERLENGKAPAN"; Tab keenam: "GAS+AIR+;LISTRIK"; Tab ketujuh: "KEMASAN"; Tab kedelapan: "LAIN-LAIN".

Untuk Tab ABSENSI, isi berikut ini:

Gunakan Formula untuk mengisi kolom "Jumlah", yaitu formula COUNTIF.


Untuk Tab GAJI, isi berikut ini:



Untuk Tab BAHAN BAKU, isi berikut ini:

Gunakan Formula untuk mengisi kolom "Total".

Untuk Tab PERLENGKAPAN, isi berikut ini:


Gunakan Formula untuk mengisi kolom "Total".

Untuk Tab GAS+AIR+LISTRIK, isi berikut ini:

Gunakan Formula untuk mengisi kolom "Total".

Untuk Tab Packaging+Promo+dll, isi berikut ini:



Dan Tab yang terakhir yang dilihat oleh Pemilik/ investor adalah Laporan Rugi-Laba. Angka yang diisi adalah formula semua atau sel Total dari Tab-tab yang terkait.


Bila jumlah Laba/ keuntungan tidak sama berarti ada kesalahan dari dari data-data yang di-input.

0 Comments