Bisnis Online Travel Bagian 1





Membuka Bisnis Travel memerlukan banyak hal, seperti tempat, ijin, peralatan kantor, rekanan dengan perusahaan penerbangan, destinasi-destinasi wisata dan banyak lagi. Yang di balik semua itu adalah modal yang sangat besar, baik materi, ilmu, pengalaman dan jaringan.

Di postingan ini saya mengajak siswa-siswi Usaha Perjalanan Wisata SMK Mahanaim untuk membuka Bisnis Online Travel tanpa modal dan semua yang disebutkan di atas, cukup Handphone/ computer akses internet dan bekerja sama dengan perusahaan penyedia jasa Affiliate Marketing.


Affiliate Marketing 

Affiliate Marketing atau Pemasaran afiliasi adalah pengaturan pemasaran di mana seseorang (publisher afiliasi) akan menerima komisi untuk setiap kunjungan, pendaftaran atau penjualan yang mereka hasilkan untuk sebuah merchant atau sebuah usaha. Pengaturan ini memungkinkan bisnis untuk melakukan outsourcing sebagian dari proses penjualan, untuk meminimalisir biaya sekaligus meningkatkan hasil operasi usaha.

Untuk lebih lengkap mengenai Affiliate Marketing bisa dipelajari disini >>> Affiliate Marketing Bersama Marketplace Bagian 1. 

Untuk materi ini kita memanfaatkan perusahaan online yang menyediakan jasa Affiliate Marketing kepada berbagai merchant yang memasarkan produknya di Indonesia, yaitu ACCESSTRADE (Silahkan klik untuk daftar).

Rekanan-rekanan berikut yang akan bekerjasama dengan kita adalah merchant-merchant yang bekerjasama dengan Accesstrade, yaitu Tiket.com dan Qatar Airways Indonesia. Setelah mendaftar di ACCESSTRADE, silahkan mendaftar sebagai publisher untuk tiket.com serta Qatar Airways Indonesia.

Keuntungan memanfaatkan Affiliate Marketing adalah tidak perlunya publisher afiliasi melakukan pekerjaan lain selain memasarkan produk/ layanan. Berarti tidak ada pekerjaan booking, pengurusan dokumen, penerbitan tiket atau booking note dan lain sebagainya.

Petunjuk mengenai pemanfaatanya akan dibahas langsung pada saat praktek di Lab.


Membangun Alat Penjualan atau Sales Tool

Setelah kita mendaftar di Accesstrade langkah selanjutnya adalah membuat sales tool yang menarik. Disini kita memanfaatkan Instagram dan Linktree. Seperti kita ketahui Instagram masih sangat relevan dijadikan alat jualan, maka disini kita akan membangun "Travel Agent" di Instagram yang bukan hanya menarik tetapi juga mendapat kepercayaan calon pelanggan.




0 Comments