Membuat Video Reels atau Youtube Shorts Dengan Canva Dan Mengupload


Di post ini kita akan membuat sebuah video Reel atau Youtube Shorts yang lengkap dengan menggunakan aplikasi Canva. Di Video yang kita buat kita akan menaruh Subtitles dalam bahasa Indonesia yang baik dan jelas. Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

Memilih Logo yang akan dibuat dari Video yang sudah disediakan

Silahkan download video dari link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=UKc271fj2ok dari Video ini pilih Logo yang akan dibuatkan Video, caranya Membuat canvas baru di Canva dengan ukuran Story atau Cerita. Kemudian menaruh Video yang di-download ke canvas, sesuaikan ukuran dengan "menarik" sampai ukuran yang optimal.

Letak Video Logo

Lalu buka Aplikasi Subtitles di bagian Apps dan ikuti instruksi seperti {Pemilihan Huruf, Letak, dll). Sampai pada bagian Text yang dihasilkan (Dalam Bahasa Inggris) gunakan Google Translate untuk diubah ke dalam Bahasa Indonesia. 



Ikuti Instruksi sampai Opsi Add to Design. Hapus Video yang lama dan pasang Video yang baru yang sudah diisi Subtitles.


Setelah Video siap, beri cover (Foto Kalian) di Halaman Baru dan taruh di atas, Gunakan Tool Remove.bg untuk menghilangkan background foto, beri background baru yang menarik, Text, lalu diberi alokasi waktu 3 Detik.

Setelah rampung, Download Video dan Upload di Youtube. Gunakan Opsi Untuk semua usia dan Publik.

Contoh Video yang diinginkan:

Link Youtube, dipendekkan dengan Tool Penyingkat link seperti bit.ly dan gunakan nama dengan Format: UTS-[Kelas]-[Nama]


Contoh: https://bit.ly/UTS-XA-DENDY



1 Comments