12 Marketing Strategies for Hotel Bagian 2

6. Bangun Program Loyalitas Pelanggan

Sering kali pelanggan lama Anda dapat menjadi target pemasaran terbaik - jika mereka memiliki pengalaman positif di masa lalu, mengapa mereka tidak ingin kembali? Program loyalitas pelanggan adalah cara yang bagus untuk memastikan pelanggan kembali lagi dan lagi. Mengapa? Program-program ini dirancang untuk memberikan diskon besar dan fasilitas khusus untuk pengunjung yang kembali. Mungkin program Anda berfungsi dengan memungkinkan tamu memperoleh poin dan mencapai level tertentu dengan benefit-benefit menarik dan terukur.

7. Dapatkan Rekomendasi dari Otoritas Relevan

Salah satu cara pasti untuk mendapatkan pelanggan baru adalah membuat hotel Anda terdaftar di kantor-kantor pariwisata setempat. Baik itu selebaran yang dicetak di kantor, atau tautan yang menonjol di situs web pariwisata lokal, Anda dijamin akan mendapat tempat utama di atas banyak pesaing. Jika Anda ingin memikat wisatawan bisnis, pusat konvensi dan pameran terdekat juga merupakan tempat yang tepat untuk mempromosikan hotel Anda. Juga layak untuk berbicara dengan perusahaan pemasaran dan EO di wilayah terdekat karena banyak kali dari program mereka hanya menawarkan penawaran paket tanpa penginapan kepada pelanggan mereka, yang berarti Anda dapat menutupi kebutuhan akomodasi dan mendukung pemesanan Anda di luar musim liburan yang padat.

8. Promosi dengan Agen Perjalanan Online

Di era digital modern, tidak ada hotel yang dapat menjalankan bisnis reguler tanpa memanfaatkan agen perjalanan online dan biro perjalanan. Pendaftaran sederhana di situs mereka dapat menghasilkan ribuan pemesanan dalam jangka panjang, tetapi perlu diingat bahwa setiap kali pemesanan dihasilkan melalui agen seperti itu, komisi akan diterapkan. Jangan pernah hanya mengandalkan agen perjalanan online dalam pemasaran hotel Anda, situs web mereka ditargetkan untuk menghasilkan penjualan tambahan, bukan sepenuhnya upaya penjualan langsung Anda.

9. Menunjuk Staf Perwakilan Penjualan yang Cakap dan Berdedikasi

Dalam pemasaran hotel, Anda harus selalu mengambil praktik terbaik dalam keramahan ketika mempromosikan bisnis Anda. Jika bisnis lokal secara rutin merekomendasikan Anda kepada pelanggan potensial, pastikan Anda mempertahankan hubungan yang saling menguntungkan dengan insentif yang kuat. Menunjuk perwakilan penjualan yang berdedikasi jelas layak dipertimbangkan untuk bisnis hotel yang ingin berkembang. Setiap Staf Perwakilan Penjualan yang baik juga harus memiliki daftar perusahaan potensial yang layak dihubungi, sementara upaya mencari kemitraan baru harus menjadi yang terdepan dalam setiap upaya pemasaran hotel.

10. Manfaatkan Media Sosial dengan Optimal

Jika Anda belum menggunakan media sosial dalam kampanye pemasaran hotel online Anda, mulailah sekarang. Pastikan Anda memiliki setidaknya satu orang yang ditunjuk untuk menjaga agar media sosial pemasaran hotel Anda tetap hidup dan menarik. Konten segar sangat penting, jadi pastikan Anda memiliki jadwal pengiriman konten. pastikan situs hotel Anda ditautkan dari media sosial Anda. 

11. Mengawasi Ulasan dan Rekomendasi

Ulasan yang bagus bisa memberi Anda pelanggan baru. Ulasan buruk bisa membuat Anda kehilangan ratusan. Cobalah untuk mendorong ulasan dan rekomendasi yang lebih baik dari tamu sebelumnya dengan melibatkan mereka setelah check out. Hotel Anda dapat ditampilkan puluhan, atau ratusan kali di situs web ulasan, jadi Anda perlu memastikan bahwa setiap halaman dimuat dengan ulasan positif. Pantau ulasan di situs paling populer, catat ulasan buruk apa pun dan libatkan tamu yang tidak puas dengan feedback yang bermanfaat dan konstruktif. Netralkan umpan balik negatif di mana pun Anda bisa.

12. Personalisasi Pemasaran

Untuk pemilik hotel dan pemasar yang beroperasi di industri perhotelan, penting untuk menemukan cara agar menonjol dalam persaingan dan tampil menarik bagi pelanggan potensial. Salah satu cara terbaik untuk melakukan ini adalah untuk menyampaikan pesan pemasaran yang dirancang khusus. Ada 3 hal yang bisa dilakukan dalam personalisasi pemasaran ini, yaitu: Personalised Email Marketing, Smart Rekomendasi Produk, Teknik Penargetan Ulang dan Layanan Hotel yang dipersonalisasi. Semua ini perlu pendataan perilaku pelanggan sebelum dan selama kunjungan mereka.


Sumber artikel:
https://www.wordstream.com/blog/ws/2018/09/07/hotel-marketing
https://www.revfine.com/hotel-marketing-strategies/

Kembali ke 12 Marketing Strategies Bagian 1